Copas, Sharing and Learning

Mengenal Dan Memahami Pengertian dan Jenis-jenis VGA

Video Graphics Array atau disingkat VGA merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah output berupa visual yang kemudian akan ditampilkan di layar monitor.
Didalam VGA terdapat GPU (Graphics Processor Unit) yaitu sebuah prossesor khusus untuk untuk bagian grafis 3D dari microprocessor sebagai pemroses sinyal gambar yang akan ditampilkan ke monitor, GPU sangat efisien dalam memanipulasi komputer grafis.
Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dri komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. VGA di dalamnya mempunyai sebuah memori, yang mana memori tersebut menjadi penentu kualitas sebuah VGA. Berikut ini jenis jenis memori VGA:

1. DRAM (Dynamic RAM)
VGA Card yang menggunakan memori DRAM mempunyai kecepatan 80ns atau 70ns dan ada juga beberapa MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang menggunakan DRAM secara berlapis. DRAM biasanya ditujukan kepada mereka penggguna komputer tingkat entry level yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan tinggi.

2. EDO RAM
VGA Card jenis EDO RAM mempunyai kecepatan 60ns sampai dengan 35 ns yang banyak ditemui pada kartu grafik 64 bit. EDO RAM umumnya banyak digunakan adalah yang mempunyai kecepatan 60 MHz/40ns.

3. VRAM (Video RAM)
VGA VRAM mempunyai kecepatan 20 atau 10ns. Dilihat dari segi harga VRAM  lebih mahal dibandingkan DRAM, karena VRAM mempunyai kecepatan yang lebih baik dibanding DRAM. Penggunaan kartu VRAM ditujukan kepada pengguna komputer tingkat atas atau high level yang biasanya digunakan untuk keperluan desain grafis.

4. SGRAM (Syncronous Graphic RAM)
VGA jenis SGRAM mempunyai kecepatan sekitar 10 ns. Penggunaan SGRAM banyak digunakan pada kartu grafik kelas tinggi atau high level yang mempunyai kemampuan 3D Accelereator.

5. RAMBUS
Pengguna kartu VGA yang menggunakan kartu RAMBUS masih belum banyak. RAMBUS adalah memori yang biasanya digunakan pada komputer dan mesin-mesin game seperti Nintendo dan Sega.

VGA Onboard
VGA Onboard disebut juga VGA internal merupakan perangkat keras komputer yang menyatu, terintegrasi dengan motherboard yang berfungsi untuk  mengolah data grafis agar bisa di tampilkan ke layar monitor. VGA onboard telah di tanamkan secara default di setiap motherboard komputer, yang keberadaanya bisa anda lihat tepat di bagian belakang cpu dimana port outpunya di sambungkan ke monitor menggunakan kabel VGA ataupun DVI. Pada umumnya kemampuan VGA on board dalam mengolah gambar atau video sangatlah terbatas, hal ini disebabkan karena kualitas memori yang di gunakannya hanya berukuran kecil saja, sehingga kualitas yang di tampilkan juga tidak terlalu baik.

Jenis Jenis VGA Berdasarkan Pemakaian Slot
VGA External adalah VGA card tambahan yang di pasangkan ke slot VGA yang terdapat pada motherboard. Dengan menggunakan VGA card external tentu akan membuat komputer menghasilkan akselerasi video yang lebih cepat, gambar yang lebih tajam dan lembut.
Bentuk fisik VGA card external atau menurut penggunaan jenis slot ada beberapa macam sesuai dengan arsitektur sistim I/O bus pheripheralnya yang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:
1. VGA ISA
Kartu VGA ISA merupakan jenis kartu yang ditancapkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture)  bus yang menggunakan sistim 8 bit atau 16 bit. Namun untuk saat ini penggunaan VGA ISA sudah tidak digunakan lagi, karena selain kecepatannya yang sangat lambat, tampilan kehalusan gambar serta kombinasi warna yang dihasilknya juga sangat terbatas.

2. VGA EISA
Jenis kartu VGA EISA dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang menggunakan sistim 32 bit I/O. Sama dengan kartu VGA jenis ISA, untuk saat ini EISA juga sudah tidak digunkana lagi karena kecepatan transfernya yang lambat dan juga tampilan grafis yang dihasilkannya sangat terbatas.

3. VGA PCI
Kartu VGA PCI merupakan jenis kartu yang di pasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang mempunyai 32-bit atau 64-bit sistem I/O nya. Untuk saat ini pemakaian VGA PCI sudah jarang digunakan karena keterbatasan yang dimilikinya.

4. VGA AGP
Kartu VGA AGP merupakan jenis kartu yang di pasang pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang menggunakan sistim 128-bit atau 256-bit sistem I/O nya. Ide dari pembuatan kartu VGA AGP adalah untuk meningkatkan transfer data terhadap memori secara signifikan dari CPU ke tampilan. Untuk mudah mengenali slot ekspansi AGP anda boleh lihat ciri-cirinya yang memiliki bentuk pin-nya yang vertikal yang mirip bentuk formasi sarang lebah.

5. VGA PCIe
Jenis kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya, dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s.
Slot ekspansi PCIe merupakan pengembangan selanjutnya dari slot ekspansi PCI sebelumnya yang memiliki kemampuan sangat baik yang dikenal dengan PCI Express yang dirancang untuk memasang peralatan-peralatan antar muka dengan teknologi mutakhir masa kini yang membutuhkan kecepatan transfer yang sangat tinggi.
PCIe 1x 
PCIe 16x

Post a Comment

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget