Copas, Sharing and Learning

Theorema Thevenin

Teorema thevenin adalah suaatu teori elektronika yang mempelajari tentang nilai tegangan pada rangkaian listrik yang terbebani.

Tujuan teorema ini adalah untuk menyederhanakan analisis rangkaian, Teorema Thevenin menunjukkan bahwa keseluruhan jaringan listrik tertentu, kecuali beban, dapat diganti dengan sirkuit ekuivalen yang hanya mengandung sumber tegangan listrik independen dengan sebuah resistor yang terhubung secara seri, sedemikian hingga hubungan antara arus listrik dan tegangan pada beban tidak berubah.
Gambar Rangkaian Terbentuknya Rangkaian Setara Thevenin

Saat RL = ∞ dan RL = 0. Harga RL = ∞ berada pada kondisi rangkaian terbuka, seolah-olah RL dilepas dari terminal keluaran, dengan demikian diperoleh tegangan rangkaian terbuka sebesar V0/C Saat RL = 0.  berarti rangkaian berada pada kondisi hubung singkat (kedua ujung terminal terhubung langsung) dengan arus hubung singkat Is/c sebesar :

Pada beberapa rangkaian, perhitungan V0/c ataupun Is/c kemungkinan sangat sulit untuk dilakukan. Langkah yang paling mudah adalah dengan menghitung harga RP (harga resistansi yang dilihat dari kedua ujung terminal keluaran). Dalam hal ini RP dihitung dengan melihat seolah-olah tidak ada sumber tegangan.

Post a Comment

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget